MakResep.com - Portal Resep Masakan Indonesia Kekinian 2017

Kami berusaha menghadirkan resep masakan Indonesia ASLI. Resep kue kering, cubit, pancake, martabak, brownies, donat dan lainnya

Friday, November 3, 2017

Cara Membuat Kue Barongko, Resep Kue Tradisional Khas Bugis

Bosan dengan kue-kue tradisional yang biasa anda makan? Anda ingin menikmati kue tradisional yang lain dan belum pernah anda coba? Anda bisa mencoba resep kue tradisional khas Bugis yaitu kue Barongko. Indonesia memang sangat kaya akan macam-macam sajian kulinernya, termasuk aneka kue tradisional. Hampir di setiap daerah memiliki kue tradisional khas masing-masing, seperti kue barongko ini. kudapan satu ini merupakan kue tradisional khas Bugis atau lebih tepatnya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Kue ini menggunakan bahan dasar pisang kepok yang kemudian dihaluskan dan dicampur dengan beberapa bahan, lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang. Dari penampilannya, kue bangkoro ini memang sekilas mirip seperti kue nagasari. Namun tentunya memiliki cita rasa yang berbeda sehingga anda bisa mencicipi rasa baru. Tertarik? Yuk simak lebih lanjut.

Resep kue tradisional

Secara umum, membuat kue barongko itu tidak begitu sulit, bahkan cenderung mudah untuk dipraktekkan. Bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapatkan dan bahkan ekonomis sehingga tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk menikmati sajian tradisional khas Bugis ini. Selain sebagai cemilan santai, kue barongko juga biasa dijadikan sebagai takjil atau makanan pembuka saat berbuka puasa karena rasanya yang manis. Bahkan kudapan ini juga dipercaya bisa menambah stamina tubuh. Jadi, yuk langsung saja simak resep kue tradisional khas Bugis ini.

Bahan

- Pisang kepok 1 sisir
- Telur ayam 5 butir
- Gula pasir 300 gram
- Susu kental manis 1 kaleng
- Santan kental 250 ml
- Vanili secukupnya
- Garam secukupnya
- Daun pisang secukupnya untuk membungkus kue, bersihkan dan potong-potong sedang

Cara Membuat Kue Tradisional Barongko

1. Pertama-tama, bersihkan pisang terlebih dahulu dengan cara mengupasnya dan juga membuang bagian hitamnya. Setelah pisang bersih, haluskan pisang bersama dengan santan kental menggunakan blender. Blender sampai kedua bahan halus dan tercampur rata. Setelah itu, tuang ke dalam wadah berukuran besar.

2. Masukkan telur ke dalam adonan, lalu aduk sampai tercampur dengan rata.

3. Tambahkan gula, vanili, susu dan juga garam ke dalam adonan. Aduk kembali sampai rata.

4. Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah membungkus adonan.

5. Ambil satu lembar potongan daun pisang lalu letakkan di atasnya beberapa sendok adonan. Bungkus adonan dengan rapat. Anda bisa menggunakan steples atau tusuk lidi untuk merekatkannya. Ulangi sampai semua adonan habis terbungkus.

6. Siapkan pengukus, lalu semua adonan yang sudah dibungkus dikukus selama kurang lebih 25 menit sampai adonan matang. Setelah itu, angkat dan diamkan sebentar.

7. Sajikan dalam keadaan hangat.

Nah itulah resep kue tradisional khas Bugis Makassar yang berupa kue Barongko. Selain dalam keadaan hangat, Barongko juga enak dinikmati dalam keadaan dingin setelah didinginkan di lemari es. Sekian

Menghasilkan : 20 kue
Porsi : 13 orang
Waktu persiapan :
40 menit
Lama masak : 1 jam
Tipe resep : kudapan




Author Profile

About siswanto siswanto

Portal Resep Masakan

0 Komentar Cara Membuat Kue Barongko, Resep Kue Tradisional Khas Bugis

Post a Comment

Resep Kue Pisang Ambon Yang Enak Dan Lembut

Pisang buah yang memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali. Manfaat untuk tubuh juga banyak sekali. Bisa membantu menurunkan berat badan...

Back To Top